jejak bersekolah: Jejak Pohon Ituh...

Jejak Pohon Ituh...


pembaca sekalian pasti sudah tahu proyek di kelas enam yang sudah murid murid saya gawangi. proyek yang baru berjalan dua bulan itu memang telah menghasilkan lebih dari seratus puisi. namun memasuki bulan ketiga, ternyata kualitas penulisan puisi semakin menurun, setidaknya begitu menurut saya, guru mereka.

setelah dianalisa dan didiskusikan, ternyata kekurangan mereka hanya kesempatan membaca yang kurang. dan itu tentu memengaruhi pembendaharaan kosa kata yang mereka miliki. sehingga banyak puisi, semakin lama semakin terlihat, pengulangan kata menjadi masalah yang sangat akut. dan sulit dicari pemecahan masalahnya, selain dengan memperbanyak bahan bacaan mereka.

pada dasarnya, mereka sangat suka membaca. terbukti dari beberapa tugas resensi buku, hasilnya sangat memuaskan. tapi karena bahan bacaannya hanya sebatas cerita dengan kosa kata yang monoton, maka gaya bahasa mereka pun tak jauh dari apa yang mereka baca.



setelah dipikirkan berhari-hari, dari analisa yang sudah-sudah, maka proyek itu diubah menjadi proyek penanaman pohon.

dasar pemikiran proyek ini, karena maraknya penebangan pohon oleh orang2 sekitar sekolah di hutan lemor atau hutan sembalun. kontrak yang menjadi daerah khusus menebang pohon, hutan produksi, juga harus diimbangi dengan menanam pohon oleh masyarakat sekitar. bagaimana saya memulainya?

selalu diawali dengan diskusi. karena tiga tahun mengajar di sini, setiap kelas yang saya ajar,  pendekatan yang saya gunakan adalah andragogi. 

karena dengan satu pohon besar, setidaknya tiga sampai lima orang dapat menghirup oksigen dengan bebas, satu mata air akan terpelihara. setelah sepuluh tahun atau lebih, saat pohon siap ditebang, pohon dapat dimanfaatkan untuk membangun rumah, dsb.
begitu yang sudah saya jelaskan tiga hari lalu, hari jumat, sebelum mereka libur hari raya idul adha. dan apa jawab mereka?

ya, saya siap...

teriak mereka serempak. semangat menjaga alam mereka mulai dengan mengambil bibit pohon jati putih di depan sekolah yang banyak berjatuhan. dan setelah itu, mereka menggambar pohon di kertas yang saya bagikan. di kertas gambar itu mereka menulis harapan dan cita-cita terhadap pohon yang akan mereka tanam dan rawat.

kalau tidak hari ini, kapan lagi. kalau tidak dari mereka dan kita, siapa lagi yang memulai menjaga alam. ini penting tidak hanya untuk hari ini, tapi juga untuk masa depan.

32 komentar:

  1. sungguh pak guru yang tauladan banget..
    beruntung sekali siswa yang mendapatkan pengajaran dari anda, pak.

    saya harus banyak mencontoh anda agar esensi guru benar-benar pada jalurnya, dan saya akan memulainya sekarang..
    makasih atas cerita indahnya..
    :)

    BalasHapus
  2. terus berkarya pak guru...
    salaut buat anda :D


    btw, blognya keren euy :)

    BalasHapus
  3. banyak membaca akan membatu menambah bendahara kata

    BalasHapus
  4. Memang membaca memberikan banyak manfaat ya? Semakin banyak membaca semakin kaya juga wawasan mereka. Sayang sekali buku2 bagi mereka terbatas.

    Maaf ya, baru sempat mampir lagi nih...

    BalasHapus
  5. Thank for your comming to my blog.
    You are very open wide welcome.

    BalasHapus
  6. Keren pak, ternyata ada blogger guru SD sembalun :D
    Btw, latar belakang gambar bergerak ini bikin halaman susah di buka, palagi koneksi lg lambat :(

    BalasHapus
  7. wah pak Guru ngajar anak SD.
    jadi teringat zaman saya SD dulu pak. Btw anak-anak SD sekarang masih pakai LKS tidak ? Kalau zaman saya dulu nama LKS nya Kunthi sama Kuncoro :D


    Salam,
    Kevin
    Blog : www.nostalgia-90an.com
    Nostalgia Segala Sesuatu pada Tahun 90an

    BalasHapus
  8. Setuju, kesempatan membaca akan melahirkan kemampuan menulis ;)

    Jejak Puhun yang indah Pak Guru... lanjutkan!!!

    BalasHapus
  9. trus berkarya pak...
    gambarnya keren euy .... :)

    BalasHapus
  10. Pak guru, andai semua guru punya inovasi berkarya seperti Bapak, pastilah anak-anak Indonesia tidak akan mengejar kelulusan dan nilai tinggi semata

    Oh ya, terima kasih telah berkunjung
    Comment dari Bapak telah memacu saya untuk meraih tingkat yg lebih tinggi, tidak hanya hobi pribadi, tetapi menjadi lebih bermanfaat untuk lingkungan sekitar dengan mjd creative entrepreneur

    Citra

    BalasHapus
  11. Teruskan usaha anda, mendidik anak bangsa. :)

    BalasHapus
  12. sip semoga ilmu yang di bagikan tidak percuma pak

    BalasHapus
  13. pak guru berjuang terus ya,,
    jadikan penerus bangsa ini lebih pintar,niat mulia pasti akan berbuah manis

    BalasHapus
  14. anak-anak disamping harus dibiasakan membaca, tak kalah penting asah kepekaan atas segala yang terjadi di sekeliling mereka. sukses selalu

    BalasHapus
  15. pak guru bagus juga tu proyeknya, inyong dah balik follow ya

    BalasHapus
  16. Wah paguru yah,..
    salam knal balik juga gan,..
    ngmong2 mantaf nih blognya

    terus semengajar untuk memajukan pendidikan Lombok pak

    BalasHapus
  17. gambarnya bagus mas... yang buat siapa?

    BalasHapus
  18. @ kevin : masih ada lks, cuman namanya aja yg berbeda.
    @ cerita tugu : silahkan pak guru. saya juga udah folbek.
    @ nuellubiS : karya iwan, nir, dan nindayani. gambar lain gak saya photo ulang.

    BalasHapus
  19. semangat kawan...

    semoga proyek Anda berjalan dengan lancar...

    dan anak-anak yang Anda didik bisa mengerti pentingnya alam...bukan pentingnya pemerintah

    BalasHapus
  20. Nice blog posting. I'm just blogwalking and very interesting to stop here and read your post. I like this.

    But, dont forget to give us your comment into my blog ya.

    Thanks for share.

    BalasHapus
  21. saya salut sama pak guru., :), hanya dengan tangan anda sekarang, dan profesi yang anda jalani sekarang, bisa merubah negeri tercinta ini kedepan pak.. :)

    selalu sabar dan kreatif ya pak dalam mengajar..

    BalasHapus
  22. Percaya ga percaya : mata saya berkaca-kaca melihat blog bapak guru ini,

    Sangat dirindukan sosok2 yang tulus dalam profesi apapun

    hhmmmhh.... nice share...

    Yakinlah : Tuhan selalu memberkahi anda..

    BalasHapus
  23. Tanamkan budaya cinta membaca. membaca gerbang ilmu, salah membaca gerbang kesesatan. disitulah peran guru mengarahkan bacaan layak.

    menanam pohon juga sangat bermanfaat agar mereka tau bagi mana susahnya agar bisa tumbuh besar dan bermanfaat buat sekitan. bukan hanya bisa menebang dan merusak.

    BalasHapus
  24. wow! proyek luar biasa :-) keren banget. dari kecil sdh diajari betapa pentingnya keberadaan pohon bg manusia. smg kelak ketika dewasa mrk mjd org2 yg cinta pd lingkungan :-)
    salam kenal pak guru..

    BalasHapus
  25. Bener-bener guru cerdas. Salute! :) Teruskanlaah, pak guruuu!
    ternyata, template kita beneran sama. :)

    BalasHapus
  26. Salam Blogger...Pohonnya keren...Oh nya ngebuka halaman blog ni lama...mungkin gara2 backgroundnya...karena di bikin foto slide...tapi it's okelah..

    BalasHapus
  27. Nice post masbro.. Gmn kabarnya nih Pak Guru? Lama tidak kontak ^_^

    BalasHapus

silahkan kritisi tulisan guru SD yang ingin selalu belajar ini, pilih name/url di bagian

Copyright © jejak bersekolah Urang-kurai